PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

23 May 2018 | 10:27 WIB

Khitan Anak:  Konvensional VS Smartklamp VS Laser. Mana yang Paling Baik?

Khitan Anak:  Konvensional VS Smartklamp VS Laser. Mana yang Paling Baik?
Share:

Kini tiba waktunya si kecil khitan. Bagi mereka yang muslim, khitan yang hukumnya wajib ini biasanya dilakukan ketika anak berusia 9-12 tahun, yaitu ketika anak duduk di bangku kelas 4-6 SD. Bagi mereka yang non-muslim, untuk beberapa alasan misalnya alasan kesehatan, juga melakukannya.

Metode sunat dewasa ini semakin berkembang, ada beberapa tehnik baru yang dipakai selain metode konvensional bedah sirkumsisi, antara lain dengan menggunakan metode Smartklamp ataupun laser. Anda bingung menentukan metode yang anda pilih buat ananda tercinta? Berikut ini adalah beberapa metode yang perlu diketahui.

Metode bedah konvensional/sirkumsisi

Metode sirkumsisi ini merupakan metode bedah minor yang biasa dalam proses khitan. Setelah area penis disterilkan, dilakukan bius lokal, lalu dokter akan memotong kulit kulup penis menggunakan gunting ataupun pisau bedah. Selanjutnya luka akan dijahit dengan menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh. Metode inilah yang paling banyak dilakukan oleh tenaga medis profesional dari dulu hingga kini. Metode bedah sirkumsisi ini membutuhkan waktu yang lebih panjang  baik saat pengerjaan, maupun proses penyembuhan. Proses khitan biasanya berlangsung 30-50 menit, sementara proses perawatan pascakhitan pun sedikit lebih repot, karena luka tidak boleh terkena air supaya jahitan menutup dengan sempurna,, selain harus dilakukn penggantian perban selama kurang lebih tujuh hari. Metode ini memiliki resiko infeksi dan perdarahan yang kecil karena menggunakan alat alat medis yang disterilkan dan dengan penjahitan yang  menjamin perdarahan terkontrol dengan baik. Metode sirkumsisi ini lebih terjangkau dan terutama diindikasikan pada kasus-kasus fimosis.

Metode sunat smartklamp

Ada beberapa metode klamp, tetapi yang paling sering digunakan adalah metode Smartklamp. Alat Smartklamp ini memiliki beberapa ukuran sesuai umur dan ukuran penis. Setelah dilakukan anastesi lokal, maka tabung Smartklamp akan dimasukkan pada kulup yang akan dipotong, kemudian dijepit dengan pengunci klamp. Setelah 5 hari, maka tabung Smartklamp akan dilepas. Metode ini akan mengurangi resiko perdarahan dan tanpa disertai penjahitan sehingga lebih mudah dalam perawatan paca khitan. Alat Smartklamp sendiri bersifat “single use only” atau sekali pakai sehingga tidak boleh digunakan berulang. Meskipun metode ini adalah metode yang efektif, tetapi tidak disarankan untuk anak yang hiperaktif ataupun memiliki kelainan fimosis, selain dari sisi biaya agak lebih mahal daripada metode bedah sirkumsisi.

Metode sunat dengan laser

Metode laser ini adalah metode dengan menggunakan alat canggih yaitu laser CO2. Pada prinsipnya hampir sama, setelah dilakukan anestesi lokal, maka kulup akan dipotong menggunakan laser CO2. Dengan metode ini, memiliki beberapa keunggulan antara lain perdarahan akan sangat minimal, penyembuhan luka akan lebih cepat meskipun tetap menggunakan penjahitan luka, dan memiliki hasil estetika yang lebih sempurna dibandingkan metode lain. Akan tetapi karena menggunakan teknologi yang canggih, maka metode ini lebih mahal dibandingkan metode-metode lain dan hanya tersedia di kota-kota besar yang memiliki fasilitas laser CO2.

Metode sunat dengan elektrokauter

Ada metode lain yaitu elektrokauter. Metode ini menggunakan semacam alat yang dialiri arus listrik untuk memotong kulup penis. Metode elektrokauter ini sering disalah artikan sebagai metode laser padahal alat yang digunakan sangat jauh berbeda sehingga pastikan dahulu apakah khitan yang akan digunakan menggunakan laser CO2 atau elektrokauter.

Mana yang lebih baik?

Menurut dr. Nugrohoaji Dharmawan, Sp.KK, M.Kes,  setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu dr. Nugrohoaji menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penjelasan tentang metode apa yang paling cocok disesuaikan dengan kondisi pasien maupun biaya yang akan dikeluarkan. Selama dikerjakan oleh tenaga medis yang kompeten dan profesional maka akan meminimalkan efek yang tidak diinginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv