PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • Urtikaria pigmentosa
    18 Dec 2018 | 05:44 WIB
    Saya mau tanya dok, sejak baru lahir setelah beberapa bulan ada bintik coklat pertama ada 3 di perut dan di punggung tapi di punggung makin banyak, saya sempat worry, takut, nangis sampai saya periksa lab darah anak saya dan hasilnya nihil Alhamdulillah, saya selalu serching google karna saya khawatir, sekarang anak saya sudah berumur 1 tahun ada urtikaria di slengkangan kok kayak muncil bintik² di coklat²nya, di daerah selengkangan coklatnya lebar banget dok saya takut karna kenak gesek popok terus, saya takut dok !
    Apakah urtikaria yang ada bentol² kecil beberapa itu tidak masalah?
  • 21 Feb 2019 | 02:30 WIB

    Salam Ibu Sulis.

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Mengenai permasalahan yang Ibu hadapi,
    sebaiknya dipastikan dulu diagnosis penyakit anak ibu apa. Oleh karena itu anak Ibu perlu dibawa konsultasi ke dokter spesialis Kulit dan kelamin (SpKK) untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan mungkin perlu dilakukan bberapa pemeriksaan penunjang atau pemeriksaan tambahan seperti biopsi kulit dan lain-lain jika diperlukan.

    Informasi di internet memang sangat banyak dan beragam, namun untuk permasalahan seperti ini, tidak cukup hanya browsing di google saja. Perlu dilakukan pemeriksaan seksama oleh dokter yang kompeten di bidangnya.
    Setelah diagnosis sdh diketahui dgn pasti, baru bisa diberikan pengobatan yg tepat dan bisa diketahui bagaimana perjalanan penyakitnya dan pencegahan ataupun perkembangan penyakitnya.

    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga membantu menjawab pertanyaan Ibu.

    Terima kasih.


    Salam,
    Dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv