PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • Psoriasis
    14 Feb 2019 | 20:01 WIB
    asalamualaikum, selamat pagi dokter, anak saya didiagnosis mulai kena gejala penyakit kulit ini (psioraris v) oleh dokter kulit dari mulai umur 5 tahun, gejala dan tanda awal yang muncul adalah seperti mata ikan di pojok kiri kuku jempol , tangan sebelah kanan. salah satu gejalanya kulit yang mengeras. telah dilakukan operasi pengakatan akar hingga kuku dicabut. setelah 3 bulan pasca operasi, kuku sdh tumbuh normal kembali akan tetapi gejala seperti itu timbul kembali, sehingga dokter kulit pun mengharuskan dilakukan operasi kecil pengngkatan kembali dan kuku kembali dicabut. setelah 1,5 bulan pasca operasi ke 2, gejala kembali tumbuh, dan saya mohon bantuan informasi untuk penanganan yang tepat untuk penyakit kulit anak saya, terima kasih.
  • 22 Feb 2019 | 04:33 WIB

    Salam Ibu Sinta,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Mengenai masalah di kuku anak ibu, berdasarkan informasi yang ibu berikan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan kembali.

    Ada kemungkinan kelainan kuku merupakan bagian dari penyakit psoriasis itu sendiri. Biasanya pada penyakit psoriasis, kuku tumbuh tidak seperti kuku normal, melainkan menebal dan permukaannya kasar.

    Berdasarkan informasi Ibu, keluhan pada anak ibu diawali bentuk seperti mata ikan. Tidak mudah untuk mengambil kesimpulan tanpa melakukan pemeriksaan langsung dan melihat kelainan kulitnya, saran saya, sebaiknya ibu membawa anak ibu ke dokter Spesialis Kulit dan kelamin (SpKK) di RS rujukan / klinik yang memiliki fasilitas biopsi.
    Masih ada kemungkinan kelainan kuku tersebut merupakan penyakit lain yang bukan bagian dari psoriasis. Untuk memastikan hal tersebut, kemungkinan diperlukan pemeriksaan berupa biopsi kulit.

    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu menjawab pertanyaan Ibu.

    Terima kasih.


    Salam,
    Dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv