PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • Pengobatan Keloid
    6 Mar 2019 | 11:48 WIB
    Assalaamualaikum wr.wb

    Dokter,
    Anak saya waktu kelas 4 SD (MI), sakit cacar air, setelah sembuh ada beberapa benjolan dibagian punggungnya yang sampai sekrang tidak dapat hilang, saya takutnya dia pasti akan malu kalau sudah besar dan dewasa nanti, oleh karena itu mohon saran terbaik yang harus saya lakukan untuk pengobatan bekas cacar air (keloid) anak saya. sampai saat menulis email ini, belum pernah saya bawa berobat karena menunggu informasi terbaik untuk pengobatannya, benjolan keloidnya agak besar sehingga terasa mengganjal kalau diraba ketika dia berpakaian, saat ini sudah kelas 6 SD/MI. mohon saran dan masukannya untuk pengobatan terbaik bagaimana dan dimana. terimakasih sbelumnya dokter.


    Wassalaamualaikum wr.wb


    Hormat saya


    Imron muttaqin
  • 6 Feb 2020 | 06:03 WIB

    wa'alaikumsalam wr.wb

    Keloid dan skar hypertrofi adalah 2 kelainan yang penampakannya mirip tetapi sebenarnya berbeda. Jika skar hipertrofik adalah bekas luka karena proses penyembuhan kulit yang tidal sempurna dan dalam sehingga muncul jaringan parut terutama daerah-daerah yang memiliki tegangan kulit yang tinggi atau kuat. Semua orang bisa mengalaminya tapa terkecuali.
    Sedangkan keloid adalah penyakit yg bersifat genetik, dimana muncul jeringan ikat yang berlebihan pada bekas luka bahkan luka yang sangat kecil sekalipun superti luka bekas tindik, suntikan, cacar. Karena bersifat genetik, maka tidak semua orang mengalami keloid.
    Penanganan keloid jauh lebih susah karena angka kekambuhannya yang tinggi. pengobatannya bisa dengan suntikan, bedah Krio, laser, bedah khusus yang semuanya tidak memberikan hasil yang memuaskan karena sifat kekambuhannya.
    sedangkan untuk skar bisa dilakukan operasi scar revision tergantung luas dan lokasinya.

    silakan berkonsultasi dengan dokter Spesialis kulit yang terdekat untuk memastikan dan mendapatkan terapi yang tepat.
    salam


    Salam,
    Dr. Nugrohoaji Dharmawan, M.Kes, Sp.KK

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv