PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • Keputihan
    17 Aug 2019 | 12:15 WIB
    Dok, saya ingin bertanya saya keputihan dan terasa gatal jika di malam hari, mohon solusinya dok dan cara penyembuhannya terima kasih.
  • 26 Sep 2019 | 16:22 WIB

    Halo. Salam kenal.
    Sebelumnya, perlu diketahui dahulu bahwa keputihan bisa normal (dipengaruhi siklus haid/hormonal, aktivitas seksual) dan bisa juga abnormal. Keputihan abnormal penyebabnya bisa karena infeksi (jamur, bakteri, parasit) ataupun noninfeksi. Keputihan dapat dialami oleh perempuan yang sudah menikah/berhubungan seksual maupun yang belum.
    Untuk mengetahui penyebabnya, perlu memeriksakan diri ke petugas kesehatan untuk ditanyakan riwayat penyakit, dilakukan pemeriksaan kelamin dan pemeriksaan laboratorium/penunjang. Cara penyembuhannya dengan mendapatkan pengobatan yang sesuai. Apabila penyebabnya jamur, akan diobati dengan antijamur, apabila bakteri diobati dengan antibiotik, dan jika parasit maka diberikan antiparasit serta mengatasi faktor-faktor pencetus yang kemungkinan ada. Sedapat mungkin hindari mengobati sendiri. Menjaga higiene setempat. Bila sudah menikah, hindari berhubungan seksual bila masih ada gejala sampai dinyatakan sembuh, dan sedapat mungkin pasangan juga dibawa berobat.
    Demikian informasinya.
    Salam sehat selalu.


    Salam,
    Dr. Nurdjannah Jane Niode, Sp.KK(K)

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv