PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • Mudah berbekas luka
    21 Dec 2019 | 05:10 WIB
    Izin bertanya dokter.

    Sepertinya kulit saya lebih sensitif beberapa tahun ini, saya baru menyadari setelah saya ingat2 perbedaan tiap tahunnya.

    Semisalnya, saya digigit nyamuk atau semut kecil kulit saya langsung memerah dan bisa menimbulkan bintilan lalu lama2 menghilang hitam. Ketika misalnya luka itu tergores/terbuka, maka bentuk lukanya itu seperti ada bagian putih dikelilingin daging berwarna merah muda. Ini terjadi dibagian betis dan kaki saya.

    Atau misalkan, ketika tangan saya tergenggam dikit saja pasti langsung berbekas merah meskipun tidak sakit atau sekedar digosok saja pasti langsung merah. Ini terjadi di bagian lengan saya.

    Lalu juga jari jari tangan saya seperti keriput kedinginan dan sedikit gemetar meskipun saya tidak merasa dingin.

    Mohon balasannya dokter, terima kasih. Karena bekas luka2 nya masih ada dan saya terus mengalami hal2 itu.

    Terima kasih dokter.
  • 16 Feb 2020 | 22:58 WIB

    Selamat siang saudari Annisa.. Berdasarkan keterangan yang saudari Annisa berikan, yaitu berupa bercak merah yang lama kelamaan menghitam apabila tergigit nyamuk atau semut, maka terdapat kemungkinan kulit saudari termasuk jenis kulit yang mudah untuk mengalami alergi, yang dikenal dengan nama dermatitis atopik. Namun, untuk mengetahui apakah betul kelainan kulit tersebut termasuk dalam dermatitis atopik, diperlukan beberapa keterangan tambahan, yaitu apakah terdapat riwayat asma, bersin-bersin di pagi hari, dan apakah terdapat bercak-bercak kemerahan yang terasa gatal pada kedua lipat lengan dan lipat siku, dan apakah terdapat riwayat alergi terhadap makanan. Demikian keterangan yang dapat berikan, mudah2an terdapat manfaatnya..terima kasih untuk pertanyaannya..


    Salam,
    Prof. DR. Dr. Oki Suwarsa, Sp.KK(K), M.Kes

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv