PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

HUBUNGAN KADAR NITRIT OKSIDA DENGAN DERAJAT KEPARAHAN DERMATITIS ATOPIK TIPE DEWASA

Share:

Dermatitis atopik (DA) merupakan peradangan kulit kronik-residif pada kulit topi ditandai dengan lesi eksematosa. Keterlibatan Nitrit oksida (NO) pada DA masih belum diketahui dengan pasti. Peningkatan kadar NO pada DA menyebabkan peningkatan vasodilatasi kapiler, inflamasi dan mempengaruhi keparahan DA.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan cara potong lintang dan analitik dilakukan di Poliklinik Kulit dan Kelamin RS. Dr. M. Djamil, Padang dari bulan Desember 2011 – Februari 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kadar nitrit oksida (NO) dengan derajat keparahan dermatitis atopik (DA) dewasa. Derajat keparahan DA ditetapkan dengan penghitungan indeks SCORAD dan kadar NO dalam serum diukur menggunakan metode enzym linked sorbent assay (ELISA). Hubungan kadar NO dengan keparahan DA diuji dengan tes ANOVA dengan tingkat kemaknaan ρ<0,05. Pengolahan dan analisis data memakai program statistik SPSS for windows versi 15,0

Terdapat 17 pasien DA, perempuan (58,8%), laki-laki (41,2%). Rerata kadar NO pada DA: ringan: (34,4613±11,74256 μMol/L), sedang: (94,6230±16,89651 μMol/L) dan berat: (124,9113±5,57352 μMol/L). Berdasarkan ANOVA didapatkan ρ<0,05 dan hasil uji post hoc terdapat hubungan antara derajat keparahan DA dengan peningkatan kadar NO.


Kata kunci: Dermatitis atopik dewasa nitrit oksida keparahan DA

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv