PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

LIKEN NITIDUS GENERALISATA YANG DITERAPI DENGAN KOMBINASI KORTIKOSTEROID TOPIKAL DAN FOTOTERAPI NARROWBAND UVB

Share:

Liken nitidus adalah suatu penyakit kronik yang jarang dijumpai dengan etiologi belum diketahui, ditandai dengan papul-papul asimtomatik sewarna kulit, berbentuk kubah dengan permukaan mengkilap. LN generalisata merupakan salah satu varian LN yang sangat jarang dijumpai. Saat ini belum ada pengobatan yang pasti untuk LN, tetapi kortikosteroid topikal poten dan narrowband UVB (NB-UVB) dilaporkan dapat digunakan sebagai terapi yang efektif untuk LN generalisata.

Seorang anak laki-laki 4 tahun datang dengan riwayat erupsi papular asimtomatik sejak 2 tahun lalu, papul pertama kali muncul di siku kanan lalu semakin banyak dan meluas hampir ke seluruh tubuh. Pada pemeriksaan dermatologis didapatkan papul hipopigmentasi. Sebagian sewarna kulit dengan permukaan mengkilap multipel di hampir seluruh tubuh. Pada kedua siku dan lutut didapatkan tanda koebner. Tidak didapatkan kelainan pada mukosa atau kuku. Pada pemeriksaan histopatologi didapatkan gambaran khas berupa “claw clutching a ball”. Pasien didiagosis sebagai LN generalisata dan diterapi dengan kombinasi krim mometason furoat 0,1% dan fototerapi NB-UVB. Setelah 1 bulan terapi tampak perbaikan pada lesi kulit.

Liken nitidus generalisata jarang dijumpai pada anak. LN dapat mengalami regresi spontan, namun pengobatan biasanya dibutuhkan pada LN persisten dan generalisata. Berbagai macam terapi telah digunakan untuk LN tetapi hanya terdapat beberapa laporan kasus mengenai terapi kombinasi kortikosteroid topikal poten dan fototerapi NB-UVB. Pada kasus, perbaikan ditujukkan dengan sebagian papul mendatar dn menghilang setelah 1 bulan terapi.


Kata kunci: kortikosteroid topikal liken nitidus NB-UVB

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv