PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

PENURUNAN SKOR PASI DAN IL-6 SERUM PADA PASIEN PSORIASIS YANG MENJALANI FOTOTERAPI NB-UVB

Share:

Psoriasis merupakan reaksi inflamasi kulit yang ditandai dengan peningkatan sitokin proinflamasi di kulit dan sistemik. Fototerapi narrowband ultraviolet B (NB-UVB) digunakan sebagai terapi psoriasis karena dapat menimbulkan deplesi sel Langerhans dan sel T, menginduksi apoptosis sel T dan menurunkan produksi sitokin proinflamasi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat penurunan keparahan penyakit (PASI) dan IL-6 serum serta hubungannya pada pasien psoriasis yang menjalani fototerapi NB-UVB. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain the one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di Poli Kulit dan Kelamin RSUP dr Sardjito Yogyakarta pada Januari sampai dengan Juni 2014 dengan subjek penelitian pasien psoriasis yang mendapat fototerapi NB-UVB.

Hasil penelitian didapatkan 15 subjek dengan skor PASI dan kadar IL-6 serum menurun bermakna setelah fototerapi ke-15 dan ke-30 (p<0,001). Terdapat hubungan antara perbaikan klinis (% PASI) dengan perubahan kadar IL-6 serum (%IL-6) setelah fototerapi ke-15 namun
tidak bermakna (p=0,181), positif, lemah (r=0,385), sedangkan setelah fototerapi ke-30 juga tidak bermakna (p=0,249), negatif, lemah (r= -0,317).

Simpulan penelitian ini adalah fototerapi NB-UVB menurunkan keparahan psoriasis (PASI) dan kadar IL-6 serum secara bermakna, tetapi hubungan keduanya tidak bermakna secara statistik.


Kata kunci: psoriasis PASI fototerapi NB-UVB kadar IL-6 serum

Valorant cheats
uluslararası evden eve nakliyat bloons td 5 unblockedsiverek haber son dakika kahoot bot spammer unblocked redspot tv